Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan +Resep +Manfaat

Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan +Resep +Manfaat

Sabun transparan untuk wajah yang bagus itu apa ya? Sabun transparan dengan kandungan kolagen, lidah buaya, charcoal dan bahan herbal lainnya banyak tersedia di pasaran dengan beragam merk dan harga. Lihat saja merk sabun transparan seperti HPAI, Pigeon, Nasa, K-Link, Gold MSI, Hanasui, Metal Fortis dan Theraskin. Lalu apa yang terbaik?

Bagi anda yang cari info tentang rekomendasi (review dan testimoni) sabun transparan, maka silakan baca artikel kami hingga tuntas. Yuk simak ulasan citybuildingcontests.net.

Dalam artikel ini, anda akan mengetahui apa itu sabun transparan, sejarah sabun transparan, bagaimana cara membuat sabun transparan dan manfaat sabun transparan. Di bagian akhir, kami berikan rekomendasi tempat membeli sabut transparan dan layanan jasa maklon sabun. Simak selengkapnya di halaman berikut ini.

Apa itu Sabun Transparan

Menurut Adev Natural

Sabun transparan merupakan sabun khusus perawatan kecantikan wajah dan badan. Sabun bening ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa murni/VCO (Virgin Coconut Oil) dan alkali. Untuk memperbaiki karakteristik sabun, dalam formula sabun tersebut bisa dikombinasikan dengan etanol, gliserin, pewarna dan pewangi. Penambahan bahan tersebut berfungsi untuk menambah tampilan sehingga lebih elegan.

Menurut lovinsoap

Menurut lovinsoap.com, sabun transparan adalah jenis sabun yang dibuat dengan metode panas (hot process soap) menggunakan pelarut (gula,gliserin dan alkohol) untuk melarutkan Kristal sabun yang terbentuk sehingga memungkinkan seberkas cahaya dapat menembusnya. Efek seperti ini disebut dengan transparansi (kejernihan). Lovinsoap.com menyarankan untuk menggunakan setidaknya 75% minyak (minyak kelapa, minyak sawit, lemak hewan,asam stearat) pada saat membuat resep sabun transparan.

Menurut pakar sabun

Pendapat lain dari pakar tentang pengertian sabun bening (transparent soap) adalah jenis sabun yang dibuat dengan menghilangkan kandungan alkali di dalamnya. Sabun transparent ini lebih unggul dibandingkan dengan sabun mandi biasa. Selain dari tampilannya yang menawan, sabun transparan juga dapat melembabkan kulit karena kandungan sabunnya yang kaya gliserin.

Tampilan sabun transparan yang terlihat mewah dan elegan ini membuat sabun tersebut di kategorikan sebagai sabun unik. Karena tampilannya yang bisa tembus pandang sehingga menarik mata pelanggan. Namun, teknik pembuatannya hampir sama dengan sabun lainnya.

sabun transparan

Gambar sabun transparan via adevnatural.com

Perbedaan sabun transparan dan sabun biasa

Faktor yang mempengaruhi transparansi pada sabun transparent adalah kandungan gula dan gliserin dalam sabun. Hal yang paling essensial ketika hendak membuat sabun menjadi jernih dan bening yauitu kualitas gula dan gliserin. Pemilihan material warna dan kemurniannya sangat perlu untuk dipertimbangkan.

Terdapat cara lain untuk menghasilkan sabun transparent yaitu dengan cara membuat resep sabun melalui perbandingan rasio sabun dan pelarut. Sebagai contoh anda bisa melakukan perbandingan 60:40 atau dengan perbandingan 50:50 sesuai dengan warna kebeningan yang diinginkan.

Sejarah Sabun ‘Transparan’

2500 sebelum masehi

Pada tahun 2500 SM masyarakat Sumeria telah menggunakan sabun. Kalium, sebutan untuk sabun yang digunakan pada zaman itu, digunakan untuk mencuci kain wol. Sabun tersebut berbahan minyak dan abu.

Bangsa Mesir Kuno juga telah mengenal sabun pada tahun 1500 SM, untuk membersihkan tubuh dan penyakit kulit. Bersamaan dengan itu bangsa Babailonia (2800) SM menggunkan sabun sebagai alat untuk membersihkan diri.

Abad 7 Masehi

Di abad ke-7 SM, Ahmad al-Hasan dan Donald Hill dalam Islamic Technology: An Illustrated History, menyebutkan bahwa orang muslim di Persia yakni Abu Bakar Muhammad bin Zakaria al-Razi seorang kimiawan menciptakan ramuan sabun modern pertama dari minyak atsiri dan thymus yang di fomulasikan menjadi bahan sabun cair. Sehingga, di beberapa kawasan Timur Tengah seperti Palestina tepatnya di Nablus dan Basrah, Irak banyak bermunculan pengusaha-pengusaha industry sabun.

Bahan Untuk Membuat Sabun Transparan

Bahan baku pembuatan sabun transparan diantaranya adalah Minyak, alkali KOH, Etanol, Gliserin, Asam Stearat, Gula, Pewangi dan Pewarna. Adapun penjelas masing-masing bahannya di bawah ini.

Minyak Lemak (golongan Trigliserida)

Minyak adalah bahan utama dalam pembuatan sabun yang sering digunakan. Campuran trigliserida diolah menjadi sabun melalui proses saponifikasi dengan larutan natrium hidroksida. Tujuannya untuk menghilangkan gliserol.

Dalam pembuatan sabun Transparan kami menggunakan bahan alami yakni minyak kelapa asli yang sering disebut juga dengan VCO/Virgin Coconut Oil untuk mendapatkan lemak tidak jenuh. Oleh karena itu, harga jual sabun berbahan VCO lebih mhal di bandingkan dengan sabun yang dibuat dari minyak kelapa biasa.

Alkali NaOH (Natrium Hidroksida)

Sodium hidroksida merupakan senyawa kimia bersifat basa yg mampu menetralisir asam. NaOH berbentuk padatan putih dengan sifat higroskopis. Proses saponifikasi terjadi karena kalium hidroksida bereaksi dengan minyak sehingga membentuk sabun.

Gliserin atau gliserol

Gliserin terbentuk dari reaksi hidrolisis antara minyak (asam lemak) dengan larutan NaOH. Gliserin berbentuk cairan jernih, tidak berbau, dan memiliki rasa manis. Fungsinya sendiri untuk pelembab pada kulit dan mudah dibilas.

Asam Stearat

Stearic acid memiliki sifat yang jenuh, berbentuk cairan atau padatan. Fungsinya dalam proses pembuatan sabun adalah sebagai pengeras sabun.

Pada pembuatan sabun, asam stearat ditambahkan ke dalam campuran minyak dan sodium hidroksida. Pencampuran ini menghasilkan reaksi saponifikasi.

Penggunaan asam stearat harus seimbang. Apabila tidak seimbang dapat mengakibatkan sabun kurang berbusa dan jika terlalu sedikit maka sabun tidak akan keras.

Gula

Larutan gula pada proses pembuatan sabun transparan adalah membantu terbentuknya transparansi atau tembus pandang pada sabun. Selain itu, gula juga membantu perkembangan kristal pada sabun. Gula yang apabila dicairkan terlihat jerni iu adalah gula yang paling baik untuk di campurkan dengan sabun. Karena gula membantu proses akhir transparansi sabun itu sendiri.

Pewangi dan pewarna

bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna kosmetik. Selain itu, pewarna berfungsi untuk mempercantik sabun transparan yang beraneka ragam. Pewangi dalam pembuatan sabun adalah bentuk parfum dengan berbagai aroma sebagai bahan pewangi sabun pada transparan.

Penjelasan di atas diambil dari academia.edu Laporan Penelitian Rohmah Diana.

Cara Membuat Sabun Transparan

Siapkan alat dan bahan

Pertama siapakan alat dan bahan pembuatan sabun transparan, seperti di bawah ini:

Alat, yang digunakan dalam percobaan ini adalah sebagai berikut

NoNama alat
1Panci kecil (Small Crock Pot)
2Pengaduk atau spatula dari karet atau silikon (Rubber or Silicone Spatula)
3Cetakan sabun dengan kapasitas 40 oz (Soap Mold with 40 oz Capacity)
4Timbangan (Scale)
5Gelas ukur (Measuring Containers)

 

Bahan yang digunakan dalam pembuatnnya adalah sebagai berikut:

NoNama bahan sabunTakaran
1Aquades50 ml
2Asam stearat7,5 gram
3Etanol30 ml
4Gliserin6 ml
5Glukosa11,25 gram
6Minyak kelapa/zaitun30 ml
7KOH8 gram
8Pewangi2 ml
9Pewarnasecukupnya

 

Menimbang bahan

Langkah pertama adalah menentukan ukuran bahan sabun yang akan digunakan dengan menggunakan timbangan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.  Perhatikan dengan seksama ketika menimbang bahan baku sabun transparan, karena apabila tidak sesuai akan berdampak pada kualitas sabun itu sendiri.

Melarutkan NaOH, asam stearat dan bahan lainnya

Kemudian, larutkan  bahan-bahan yang berbentuk padat seperti NaOH, asam strearat dengan campuran aquades pada sushu 60 o C di atas panci.

Langkah berikutnya blending/campurkan bahan-bahan sabun yang sudah di larutkan ke dalam panci bersamaan dengan suhu 70-80o C. Perhatikan kembali ketika hendak mencampurkan  asam stearat dengan minyak karena apabila terlalu banyak maka akan membuat sabun tersebut kurang berbusa. Sebaliknya apabila terlalu sedikit akan membuat sabun tidak padat.

Mengaduk larutan

Berikutnya, aduk semua bahan dengan menggunakan spatula agar tercampur dengan rata. Lakukan pengadukan secara terus menerus sehingga tidak ada gumpalan-gumpalan di beberapa bahan. Apabila pencampuran merata dengan sempurna sabun hasil pembuatannya pun akan sesuai yang diinginkan.

Mencetak sabun

Selanjutnya pencetakan, masukan cairan yang telah tercampur rata ke dalam cetakan pembuatan sabun. Biarkan sabun tercentak hingga berubah menjadi padat selama satu bulan proses ini pun dinamakan dengan pendinginan atau aging. Bahan pencetakan sabun dapat berupa stainless steel, plastik, kayu, fiber dan sebagainya.

Mengemas sabun

Pengemasan sabun di lakukan dengan menggunakan bahan yang halus, yang nantinya tidak merusak bentuk sabun transparan itu sendiri, seperti plastic dan kertas. Untuk bahan plastic baiknya menggunakan plastic wrapping. Sedangkan untuk bahan kertas baiknya menggunakan kertas yang tipis.

Itulah tadi tutorial simple cara pembuatan sabun transparent. Anda dapat melakukan dengan mudah di rumah.

Apabila anda tidak ingin ribet membuat sabun sendiri, maka anda bisa menghubungi kami PT. ADEV Natural Indonesia, informasi lebih lanjut call 081297010812. Perusahaan kami menyediakan berbagai macam jenis sabun transparent untuk kecantikan. Selain itu, perusahaan kami pun menerima jasa layanan maklon sabun-sabun herbal lainnya.

Manfaat Sabun Transparan

Membersihkan kotoran

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari sabun transparent ini. Seperti halnya sabun ini dapat membuat membersihkan kotoran yang menempel di wajah dan badan anda.

Menghilangkan jerawat

Selain itu, kegunaannya sendiri khususnya untuk perawatan wajah yang dapat menghilangkan jerawat membandel di wajah anda karena mengandung Vitamin E yang terbentuk dari minyak zaitun atau kelapa yang dapat membunuh sel-sel mati dari radikal bebas.

Melembutkan kulit

Selain itu,sabun transparan dapat melembutkan karena mengandung gliserin yang dapat melembabkan kulit anda dan menjaga kelembaban pH kulit anda.

Sebagai souvenir

Baru-baru ini sabun transparan banyak di gunakan sebagai souvenir-souvenir hadiah pernikahan selain karena tampilannya yang elegan tadi. Sabun transparan pun dapat memberikan banyak manfaat bagi kecantikan.

Banyak orang yang memanfaatkan moment khusus untuk berjualan varian sabun transparan. Nilai bisnisnya cukup fantastis. Terbukti dengan beredar luasnya marketplace yang banyak menjual sabun tersebut seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dengan berbagai varian merk dan harga. Sabun transparent juga banyak menarik perhatian pecinta bisnis Multi Level Marketing (MLM) untuk selanjutnya di pasarkan keanggotanya.

Itulah sekilas artikel cara pembutan sabun transparan dan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

Rekomendasi kami

Jika anda memiliki pasar potensial tentang produk sabun, seperti sabun transparan, maka anda bisa membuatnya custom dengan merek anda sendiri. FYI, Brand sebuah produk seringkali lebih menjual daripada produk itu sendiri.

Kami sebagai produsen sabun, siap membantu anda. Kami menyediakan jasa maklon sabun dan produk kosmetik harga pabrik. Silahkan hubungi 081297010812  untuk informasi  biaya dan harga maklon kosmetik sabun herbal dan lainnya. PT. Adev Natural Indonesia siap melayani.

Sabun Transparan: Cara Membuat Sabun Transparan +Resep +Manfaat
5 (100%) 10 votes

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.