Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Cara memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil itu penting untuk diketahui setiap wanita. Faktanya setiap kosmetik, apakah itu skincare maupun lipstik, mengandung bahan tertentu. Cara aman dan termudah memilih kosmetik adalah melihat daftar kosmetik yang dikeluarkan BPOM dan minta rekomendasi teman yang pernah menggunakan merk kosmetik yang akan kita pakai.

Dalam artikel ini, anda akan mempelajari tentang tips dan cara memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Jangan membahayakan janin dalam kandungan karena salah memilih kosmetik. Jadi, silakan baca hingga tuntas.

Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Gambar ilustrasi Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Tips dan Cara Memilih Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Ingin tetap tampil cantik saat hamil? Bisa kok. Mayoritas perempuan ingin selalu tampil cantik dalam keadaan apapun, termasuk saat sedang hamil. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan kosmetik aman saat hamil. Pada dasarnya, kosmetik yang kita pakai saat hamil tidak hanya berfungsi untuk memberikan aura kecantikan saja tetapi juga aman untuk kesehatan ibu dan juga janin. Oleh sebab itulah, kosmetik aman saat hamil perlu Anda pilih secara selektif agar tidak hanya menambah kecantikan Anda saja, tetapi juga dijamin akan memberikan garansi kesehatan bagi Anda dan juga janin dalam kandungan. Untuk alasan itulah, Anda perlu tahu tips memilih kosmetik aman saat hamil berikut ini.

Pilih deodorant untuk atasi keringat berlebih

Nah, sebagian besar ibu hamil akan memproduksi keringat berlebih, khususnya di area ketiak. Tentu saja, ketiak yang basah akan menjadi sarang bakteri, menimbulkan bau yang tidak sedap serta menyebabkan ibu hamil tidak nyaman. Untuk itu, ibu hamil bisa menggunakan deodoran yang cocok yakni yang berbahan minyak. Deodorant jenis ini akan menghentikan keringat selama sehari semalam penuh dan tetap aman bagi kesehatan Anda.

Pilih kosmetik berbahan alami

Selanjutnya, pilihlah kosmetik yang berbahan alami dan hindari yang terbuat dari bahan-bahan sintetis atau kimiawi. Bahan alami aman dipakai sebab tidak menggunakan bahan pengawet dan juga tidak menyebabkan munculnya organisme.

Hindari tabir surya berbahan kimia

Tips yang ketiga adalah hindarilah pemakaian tabir surya berbahan kimia (sintetis) berlebih. Kenapa? Alasannya adalah kandungan benzonphenon 3 yang ada di dalamnya berpengaruh pada kadar hormone ibu hamil. Ini adalah kosmetik yang dilarang untuk ibu hamil. Jika ingin yang aman maka Anda bisa menggunakan tabir surya dengan bahan yang alami.

Kosmetik teruji klinis

Selektiflah dalam memilih kosmetik. Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mendapatkan kosmetik aman saat hamil adalah dengan memilih kosmetik yang bertuliskan “teruji klinis” atau clinically tested. Kosmetik dengan criteria ini akan aman  bagi janin dan juga tidak menyebabkan alergi pada kulit.

Minta rekomendasi dokter jika perlu

Jika Anda adalah ibu hamil yang memiliki masalah dengan bekas luka, maka sebisa mungkin hindari penggunaan obat oles tanpa mendapatkan resep dari dokter. Agar lebih aman gunakan vitamin E atau minyak zaitun yang baik bagi kulit dan kesehatan.

Jangan gunakan kosmetik berbahan Roaccutane atau Accutane

Jika saat ini Anda berjerawat, maka sebisa mungkin hindari obat jerawat yang dikonsumsi secara langsung ataupun kosmetik yang berisi bahan accutane. Roaccutane atau Accutane adalah nama dagang obat jerawat minum yang isinya isotretinoin (13-cis-retinoic acid). Obat ini meski belum resmi dan legal masuk Indonesia namun sudah rahasia umum bisa didapatkan, dijual diresepkan dan diminum orang Indonesia. Solusinya, Pilihlah obat anti jerawat yang bahan dasarnya adalah minyak. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit dengan cara cuci wajah 3 kali dalam sehari.

Mengatasi kulit kering ibu hamil

Pada saat kehamilan, peregangan banyak dialami dan menyebabkan rasa gatal dan juga kulit kering pada ibu hamil. Cara mengatasi kulit kering ibu hamil adalah cukup dengan gunakan tabir surya yang berbahan alami.

Mengatasi melasma atau topeng kehamilan

Pada kenyataanya, melasma atau topeng kehamilan banyak terjadi pada saat sedang hamil. Ini adalah hal yang wajar. Untuk itu, jangan tergesa menggunakan skincare ataupun perawatan tubuh dengan bahan kimia yang berbahaya. Setelah proses melahirkan, topeng wajah akan berangsur hilang.

Konsultasi dengan dokter

Jika Anda terpaksa menggunakan kosmetik dengan bahan kimia, maka terlebih dahulu konsultasikan pemakaian ini kepada dokter. Jika dirasa bahan kimia yang terkandung di dalamnya masih aman dan tidak mengganggu kesehatan janin, maka Anda bisa memakainya.

Kesembilan tips dan cara memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil diatas akan membantu Anda untuk mendapatkan kosmetik yang tepat. Kosmetik tersebut tidak hanya memaksimalkan kecantikan Anda saat hamil saja tetapi juga tetap aman baik bagi kesehatan tubuh Anda maupun si kecil.

Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil
5 (100%) 10 votes

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.