Kosmetik yang Aman untuk Kulit Sensitif & Kenali Penyebabnya

Kosmetik yang Aman untuk Kulit Sensitif & Kenali Penyebabnya

Kosmetik yang aman untuk kulit sensitif dan berjerawat tidak sepenuhnya kudu harus dari merek ternama seperti Wardah. Banyak produk skin care seperti pelembab dan make up yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik yang belum ternama. Maklum, pengurusan izin produksi kosmetik  masih menjadi problema tersendiri bagi produsen lokal kelas UMKM. Dalam artikel ini citybuildingcontests.net jelaskan penyebab kulit sensitif dan beberapa produk yang digunakan untuk mengatasinya.

Kosmetik merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh kaum hawa saat ini, minimal seorang wanita harus punya pembersih muka, pelembab, bedak dan lipstick atau lip blam dan sejenisnya, setiap hari wanita menggunakan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Penggunaan kosmetik dibedakan dalam jenis kulit yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat dan kulit sensitif. Kosmetik yang aman untuk kulit sensitif tidak boleh sembarangan, karena kulit sensitif rentang terhadap masalah kulit rusak.

Kosmetik yang Aman untuk Kulit Sensitif

Gambar ilustrasi Kosmetik yang Aman untuk Kulit Sensitif & Kenali Penyebabnya

Pengertian Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang lebih peka atau responsif ketika menerima pengaruh dari luar jika dibandingkan jenis kulit rata-rata orang kebanyakan (baca kulit normal). Cirinya adalah mudah gatal, gampang berjerawat, sensasi rasa panas terbakar dan seringkali warna nya kemerahan. Area kulit sensitif tidak hanya wajah tetapi juga badan. Berikut ini adalah penjelasan kami tentang apa yang menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Penyebab Kulit Sensitif

Ada banyak penyebab kulit sensitif di antaranya:

Alergi

Banyak khusus dimana sebenarnya kulit tidak masuk dalam jenis kulit sensitif namun karena pemilihan produk kosmetik yang salah sehingga menimbulkan alergi. Tanda kulit yang alergi seperti kemerahan, gatal, perih dan membengkak. Sedangkan pada kulit yang sensitif alergi akan muncul dalam fase penggunaan kosmetik misalnya penggunaan vitamin C kadar 10% lalu menggunakan kadar 20% maka kulit akan bereaksi, kulit sensitif cenderung peka terhadap sifat asam.

Lingkungan

Paparan polusi dan suhu lingkungan bisa menjadi penyebab kulit sensitif, kulit akan mengalami iritasi karena menipisnya kekebalan kulit menangkal bahaya dari lingkungan.

Terlalu sering gonta ganti kosmetik yang digunakan

Kosmetik yang aman untuk kulit sensitif ada banyak di jual namun ketika terlalu sering mengonta ganti bahan kosmetik yang digunakan itu bisa menjadi penyebab kulit sensitif misalnya untuk jenis produk perawatan kulit yang mengangkat sel kulit mati jika terlalu sering gonta ganti menggunakan produk perawatan yang bisa mengangkat sel kulit mati dengan bahan yang berat akan menyebabkan lapisan pertahanan kulit melemah akibatnya kulit akan rusak.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif Gatal

Untuk menetralisir rasa gatal, anda dapat menggunakan produk dan obat untuk kulit sensitif. Anda bisa membelinya di apotik terdekat. Biasanya apoteker akan memberikan obat berupa bedak. Selain itu, bagi wanita sebaiknya anda mengetahui cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak. Jika belum tahu, berikut kami uraikan cara merawat kulit sensitif dengan produk kecantikan.

Kulit sensitif yang rentang akan kandungan bahan kimia kosmetik untuk itu pemilik kulit sensitif harus paham bagaimana kondisi kulitnya dan memilih produk kosmetik yang aman untuk kulit sensitif. Ada 4 tips memilih kosmetik yang aman untuk kulit sensitif

Cek produk dengan kompisisi aluminium oksida

Hindari produk pembersih wajah yang mengandung terlalu banyak Kristal aluminium oksida, produk yang ekstrak kacang-kacangan dan kerang-kerangan, karena ketiga bahan tersebut justru akan memperbanyak produksi minyak yang berlebih di wajah.

Di Indonesia, setiap produk kosmetik yang dijual komersial harus mendapat notifikasi BPOM. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengatur peredaran kosmetik dan menjaga kepentingan konsumen. Produk pemutih kulit yang bekerja dengan penetrasi zat melanin melalui mekanisme pigmentasi kulit juga sangat ketat diawasi oleh Badan POM.

Hindari alcohol dalam Toner dan astringent

Hindari kandungan alkohol dan menthol dalam toner dan astringent, kedua bahan tersebut tidak baik dipakai oleh kulit wajah yang sensitif karena kandungannya yang berat. Toner yang berbahan ringan membantu membersihkan sisa sabun muka dan minyak yang masih menempel pada wajah dan mengecilkan pori-pori kulit.

Jangan gunakan Masker wajah dengan kandungan PVA

Untuk kosmetik jenis masker sebaiknya hindari masker yang menggunakan pewangi Polivinil alkohol (PVA) dan minyak esensial.

Lebih hati-hati memilih Make Up

Bila pada point satu sampai tiga kita membahas mengenai pembersih wajah yang ke-4 ini kita akan membahas mengenai make up untuk kulit sensitif. Make up khusus untuk kulit sensitif pilih yang kandungan bahannya ringan di kulit tidak mengandung alkohol, bedak padat yang berat dan bahan make up lain yang memiliki kandungan berat di wajah. Sebaiknya untuk wajah sensitif kurangi penggunaan make up, bila sudah selesai dengan urusan make up segera di hapus agar sisa make up tidak menumpuk dalam kulit.

Penggunaan kosmetik yang aman untuk kulit sensitif bisa membantu kulit tampak lebih cerah dan kecantikan alami bisa terpancar, kesalahan fatal bila memiliki kulit sensitif namun tidak memperdulikan kosmetik apa yang cocok digunakan, salah-salah kulit anda bukannya bersih mulus justru akan rusak.

Kosmetik yang Aman untuk Kulit Sensitif & Kenali Penyebabnya
5 (100%) 7 votes

Tinggalkan komentar