Bubur Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri Bisa Kok Bun!

Bubur Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri Bisa Kok Bun!

Bubur bayi 6 bulan buatan sendiri yang bergizi menjadi penambah berat badan selain ASI. Baca resep dan daftar menu MPASI rumahan yg tidak bikin gemuk buat si kecil di sini.Buat sendiri bubur bayi 6 bulan ke atas yang sehat buat bayi dan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jadwal makan bayi juga perlu diatur dengan baik dan disesuaikan dengan pola tidur bayi tersebut.

Saat buah hati sudah menginjak usia enam bulan, maka mereka kemungkinan sudah siap mendapatkan asupan makanan padat seperti bubur bayi 6 bulan. Salah satu makanan padat yang bisa dijadikan pilihan untuk menunjang tumbuh kembang bayi adalah bubur bayi. Memberikan makanan padat merupakan langkah yang krusial dalam perkembangan bayi. Jadikanlah kesempatan tersebut sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi rasa dan tekstur makanan yang hendak dijadikan bubur bayi.

Yang terpenting harus dipahami oleh orang tua adalah jangan berpatokan kepada seberapa banyak bayi menyantap makanan padat, tapi fokuskan kepada memberi kebiasaan kepada Si Kecil untuk makan. Seiring dengan perkembangan, tingkatkan jumlah dan variasi makanan sampai akhirnya mereka memiliki kemampuan untuk bersantap bersama keluarga dalam porsi yang kecil.

Bubur Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri Yang Bergizi Sehat - MPASI Terbaik

Gambar ilustrasi Bubur Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri Yang Bergizi Sehat – MPASI Terbaik

Umur berapa bayi makan bubur? Apa saja tandanya?

Usia 6 bulan pertama, sebaiknya bayi diberikan asupan ASI (Air Susu Ibu) secara ekslusif. Artinya, belum saatnya diberikan makanan pendamping. Setelah mencapai usia 6 bulan, bayi baru diperbolehkan untuk diberikan asupan pendamping. Namun demikian, perlu juga dipertimbangkan faktor tumbuh kembang bayi, apakah sudah saatnya diberikan makanan pendamping ASI atau belum.

Selain usia, beberapa hal akan kami sampaikan ini juga menjadi penanda bahwa orang tua sudah dapat memberikan makanan padat kepada bayi. Berikut diantaranya ;

Kepala bayi sudah bisa tegak

Tanda bayi sudah layak diberi makanan bubur adalah ketika dia sudah mampu menahan kepala dengan tegak dan stabil.

Sudah dapat duduk dengan baik

Pada awalnya, kemampuan bayi untuk duduk dengan baik bisa dilakukan dipangkuan Anda. Pada saat bayi sudah bisa duduk dengan tegak secara mandiri, berikan kursi bayi dan dekatkan kepada bubur bayi yang diletakkan di meja untuk mempermudah dia menyantapnya.- Sudah dapat mengunyah

Kemampuan tidak kalah pentingnya yang harus dimiliki bayi juga adalah bisa mengunyah dan menelan makanan padat. Normal jika pada awalnya Anda akan melihat Si Kecil mengalami kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan padat dengan baik.

Mulai penasaran dengan yang orang tua konsumsi

Perhatikan Si Kecil saat Anda sedang mengonsumsi makanan di dekatnya. Jika dia mengincar makanan dan mencoba meraih apa yang sedang Anda makan, hal ini menandakan bahwa ia sudah siap diberi bubur bayi.

Sudah dapat mengelola koordinasi tubuh

Kesiapan yang ditunjukkan oleh bayi untuk menerima makanan padat bisa dilihat dari kemampuan mengelola koordinasi tubuh. Jika bayi sudah mampu melihat, mengambil, dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya sendiri, kemungkinan besar dia sudah siap menerima makanan padat.

Mempunyai berat badan ideal dan sehat

Berdasarkan berat badannya, bayi biasanya siap menerima makanan semi padat seperti bubur bayi adalah ketika berat badan saat usia sekitar usia enam bulan menjadi dua kali lipat berat badan ketika lahir.

Memilih Bahan untuk Bubur Bayi 6 Bulan Yang Sehat

Saat bayi sudah berusia enam bulan dan menunjukkan tanda-tanda bahwa dia siap menerima makanan padat, maka orang tua disarankan untuk mulai mewaspadai apa saja makanan yang bisa mengakibatkan alergi. Makanan-makanan yang umumnya menyebabkan alergi adalah telur, ikan, kerang, kedelai, dan gandum. Orang tua juga disarankan untuk mengenali aneka makanan yang bisa menyebabkan pembentukan gas.

Banyaknya gas di dalam perut Si Kecil kemungkinan akan menyebabkannya merasa tidak nyaman. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan banyaknya gas di dalam perut adalah bawang-bawangan, kacang-kacangan, susu, dan berbagai sayuran golongan cruciferous (brokoli, kembang kol, dan kubis). Jika hendak mengenalkan makanan ini, sebaiknya tunggu hingga Si Kecil berusia 8-10 bulan.

Jika memungkinkan, berikan makanan organik atau daging yang berasal dari hewan yang diternakkan, bukan diberi pakan. Apel, persik, anggur, stroberi, bayam, kacang polong, dan kentang bisa menjadi pilihan untuk dijadikan campuran bubur bayi. Untuk usia 4-6 bulan, bubur bayi untuk anak Anda bisa berbahan dasar pisang, avokad, atau ubi. Bahan lain yang bisa dijadikan bubur adalah wortel, sereal untuk bayi, dan kacang polong.

Setelah hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI atau susu formula (wikipedia), kini di usia enam bulan, bayi mulai membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Selain sayur, buah untuk bayi 6 bulan menjadi pilihan alami yang kaya vitamin. Pada usia enam bulan, tubuh bayi mulai dapat menyangga kepalanya sendiri dan bisa mengatur gerakan lidahnya sendiri.

Selain itu , terlihat mulai tertarik dengan makanan yang ada di piring Anda atau orang dewasa lain. Tanda-tanda ini menujukkan bahwa bayi mulai dapat menerima makanan selain susu. Namun, tentu saja makanan padat bayi 6 bulan berbeda dengan makanan untuk orang dewasa. Seiring dengan kemampuan makan yang perlu ia kuasai, bayi 6 bulan dapat mengonsumsi bubur atau makanan yang dilembutkan.

Bubur bayi instan vs Buatan sendiri

Bubur bayi instan yang dijual dalam kemasan di supermarket, umumnya telah kehilangan nutrisi dan vitamin, serta mendapat tambahan perasa dan pengawet. Oleh karenanya, buah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan pada bayi 6 bulan. Selain itu, buah-buahan juga lebih tidak berisiko mendatangkan alergi bagi bayi.

Sementara bahan lain seperti susu formula, susu sapi, kacang-kacangan, bawang, gandum, dan beberapa jenis sayuran perlu diujicobakan untuk alergi lebih dulu sebelum diberikan sepenuhnya. Ada baiknya bahan-bahan yang berisiko memicu alergi ini diberikan setelah bayi 8 bulan.

Buah untuk bayi

Beberapa buah untuk bayi 6 bulan yang bisa diberikan antara lain:

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya serat dan potasium yang lembut untuk pencernaan bayi. Meski demikian, hindari memberikannya secara berlebih agar bayi tidak mengalami konstipasi.

Alpukat

Alpukat yang teksturnya disukai bayi ini baik untuk perkembangan fisik dan otak Si Kecil. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, maka pertumbuhan dan perkembangan memori otak si kecil akan maksimal.

Blueberry

Blueberry dan buah bit kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Pengolahannya dapat dipadukan dengan sereal untuk menarik perhatian bayi. Bubur bayi 6 bulan juga jangan lupa untuk Anda berikan kepada si kecil.

Gimana bunda? Sudah siap mencoba resep bubur bayi 6 bulan sendiri di rumah? Bagi pengalamannya disini ya.

Bubur Bayi 6 Bulan Buatan Sendiri Bisa Kok Bun!
5 (100%) 12 vote[s]

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.