Bunga Bunga Asli Chili

Bunga Bunga Asli Chili

Bunga bunga asli Chili ada beberapa. Salah satu bunga nasional Chili adalah Copihue atau Chilli Bellflower. Chili adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. Negara ini mempunyai lingkungan dengan cuaca cukup beragam sehingga banyak tanaman bunga dapat tumbuh subur di Chili. Selain itu, bunga Chili memiliki corak dan warna yang berbeda dengan kawasan lain dan hampir tidak ditemukan di tempat lain. Dalam artikel ini, citybuildingcontests.net akan mengulas beberapa bunga asli Chili yang populer.

Bunga Bunga Asli Chili Lengkap dengan Gambar Bunga Nasional Chili

5 Bunga Bunga Asli Chili

5 tanaman Bunga bunga asli Chili dalam artikel ini adalah Copihue atau Chili bellflower, inca lily, Chilean blue crocus, Chilean glory flower dan Chili Myrtle. Setiap pembahasan dilengkapi dengan gambar yang relevan dengan nama tanaman bunga. Cekidot.

Chili Bellflower (Copihue)

Bellflower Chili adalah bunga nasional Chili. Bunga tersebut dapat ditemukan di kawasan hutan selatan Chili. Bunga yang juga disebut dengan Copihue ini berkembang dengan baik di kawasan tersebut. Khususnya di wilayah IX, Araucania. Sejarah kawasan Araucania menjadi terkenal karena pada tahun 1500-1600, Cile menjadi koloni bangsa Spanyol. Bangsa Spanyol mengalahkan dan menaklukkan semua ras asli, hingga akhirnya mereka tiba ke Araucania.

Mapuche (sebutan manusia dalam bahasa suku asli) melakukan perlawanan terhadap bangsa spanol dengan gagah berani. Mereka terus bertempur dan pantang menyerah dalam waktu lama sehingga akhirnya mereka menang. Setelah 1,5 abad masa perang, akhirnya bangsa Spanyol pergi. Oleh karena itu, Bunga Copihue menjadi lambang konflik berdarah, dan semangat perjuangan warga asli Araucania. Lihat selengkapnya di quora.com.

Ciri-ciri bunga Chili tersebut adalah memiliki 6 kelopak tebal dengan bagian luarnya (tepal) berlapiskan lilin dan berwarna merah, terkadang ada bintik putih kecil-kecil (white spot). Bunga Copihue mekar di akhir musim panas sampai musim gugur. Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga (famili) lili ini memiliki yang bunga dengan warna merah, putih, atau pink yang berbentuk mirip terompet. Saat mekar, bunga ini membuat benih kecil yang tak terhitung jumlahnya. Untuk penyerbukan bunga Copihue dibantu oleh burung kolibri.  Lihat gambar bunga bunga asli Chili berikut ini.

bunga bunga asli Chili

Gambar bunga chili

Bunga copihue termasuk dalam tanaman merambat. Ketinggiannya dapat mencapai 10 meter. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Lapageria rosea ini ke Eropa oleh William Lobb saat melakukan ekspedisi untuk mengumpulkan tanaman hutan hujan tropis pada tahun 1845. Anda dapat melihat gambar dan nama-nama bunga khas di Eropa.

Yang menarik dari tanaman merambat ini adalah arah rambatan pada batang pokoknya. Di belahan bumi Selatan tanaman ini merambat ke arah yang berlawanan dengan arah putar jarum jam, sedangkan di belahan bumi utara arah rambatannya searah dengan arah jarum jam. Lihat gambar rambatan tanaman copihue berikut.

tanaman bunga copihue

Gambar tanaman merambat Copihue dari Chille

Inca Lily

Bunga Inca Lily disebut juga dengan Peruvian lily atau Lili Peru. Tanaman cantik ini berasal dari wilayah Amerika Selatan kuhususnya di negara Chili.  Tanaman bunga ini juga dijumpai di beberapa negara seperti Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Meksiko. Tanaman bunga Peruvian lily dinobatkan sebagai bunga resmi negara Peru. Jenis peruvian lily dari Chili tumbuh saat musim dingin sedangkan Peruvian lily dari Brasil tumbuh saat musim panas. Masa tumbuh berlangsung dari akhir musim semi hingga awal musim panas. Lihat gambar bunga inca lily yang merupakan Bunga bunga asli Chili berikut.

bunga inca lily

Gambar bunga Inca lily

Tanaman bunga lili Inca ini termasuk ke dalam genus tanaman berbunga dari famili (keluarga) Alstroemeriaceae. Pada musim bunga (blossom), bunga ini mekar dengan kelopak bunga yang berwarna cemerlang. Bentuknya seperti terompet dengan enam kelopak yang berukuran sama. Anda dapat menjumpai inca lily dalam berbagai warna seperti putih, kuning, merah serta pink. Lihat juga bunga asli Vietnam.

Chilean Blue Crocus

Nama ilmiah dari tanaman bunga Chilean blue crocus adalah Tecophilaea cyanocrocus Leyb. Meskipun demikian, tanaman bunga ini bukanlah crocus sejati. Tanaman yang termasuk ke dalam famili Tecophilaeaceae ini memiliki genus Tecophilaea (maknanya pecinta anak ‘lover of children‘). Nama genus tersebut diambil dari nama anak perempuan ahli botani Italia, Luigi Colla (1766-1848), yang bernama Tecophila. Lihat gambar berikut ini.

Gambar Chilean Blue Crocus

Gambar bunga Chilean Blue Crocus

Chilean Blue memiliki warna biru crocus mencolok. Tanaman bunga ini mekar pada bulan Oktober sampai November.

Ciri tanaman Tecophilaea cyanocrocus adalah memiliki aroma wangi dengan warna bunga biru kobalt dan pusatnya berwarna putih.  Bunganya tumbuh dari organ penyimpanan yang dikenal sebagai corm. Penjelasan secara resmi mengenai bunga tersebut dilakukan oleh ahli botani Jerman bernama Friedrich Leybold pada tahun 1862. Bunga lili ini hanya tumbuh di perbukitan sekitar Santiago (Cili) pada ketinggian sekitar 3.000 m di atas permukaan laut (dpl). Sejak tahun 1950, tanaman crocus biru Chili  diperkirakan punah di alam liar karena eksploitasi berlebihan (penggalian corm dalam jumlah besar untuk diekspor ke Eropa), penggembalaan dan perusakan habitat. Namun, pada musim semi tahun 2001, populasi besar bunga lili ini ditemukan di selatan Santiago. Baca selengkapnya disini.

Chilean Glory Flower

Chilean glory flower adalah tanaman bunga merambat yang tampak eksotis dengan batang kurus dan dedaunan yang jarang. Daunnya berwarna hijau gelap sehingga sangat cocok sebagai latar belakang yang sempurna untuk bunganya. Bentuk bunganya adalah tubular dengan warna merah, oranye atau kuning yang cerah. Bunga ini biasanya mekar pada awal musim panas sampai musim gugur. Tanaman ini juga terkadang ditemui di taman nasional.

The Chilean glory flower

Gambar Chilean glory flower

Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan latar bagi tanaman bunga ros karena kecepatan pertumbuhannya. Tanaman ini memiliki daya adaptasi yang luar biasa. Pada musin dingin (winter) tanaman ini menghilang dan akan mencul kembali pada tahun berikutnya dengan penampilan yang lebih menakjubkan. Baca selengkapnya di laman bbc.co.uk.

Myrtle Chili

Bunga Myrtle Chili

Tanaman Chilean myrtle adalah anaman asli Chili dan Argentina bagian barat. Beberapa tanaman ini mampu hidup hingga usia 600 tahun di perkebunan kuno yang masih eksis. Tanaman ini memiliki keterbatasan dalam lingkungan pertumbuhan dan hanya dapat ditanam oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat pada zona 8 ke atas. Jika ingin ditumbuhkan di daerah lain, maka harus memanfaatkan rumah kaca untuk menciptakan kondisi tumbuh yang sesuai dengan tanaman tersebut. Tanaman ini umum dimanfaatkan untuk bahan obat dan tanaman hias (bonsai). Baca selengkapnya disini.

Gimana pendapat anda tentang artikel bertajuk Bunga bunga asli Chili dari kami? Silakan komentar dan share jika bermanfaat.

Tags: jenis2 bunga lilin, tanaman khas chili

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.