Madu Asli Murni

Madu Asli Murni

Madu asli murni memiliki ciri-ciri yg berbeda dg madu KW (sintetis, palsu, campuran). Ada beberapa cara tes untuk menguji keaslian madu. Apakah madu asli dikerumuni semut? Yuk kita cari tahu jawabannya bersama citybuildingcontests.net.

Apa itu madu?

Madu adalah cairan kental berasa manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga sejenisnya. Madu yang dihasilkan lebah berasal dari sekresi tanaman yang mengandung gula (nektar bunga). Serangga lainnya (aphid honeydew) menghasilkan madu dengan cara regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air. Sarang lebah sebagai penyimpanan madu terbuat dari bahan berstruktur lilin (wax).

Ciri-ciri madu asli murni

Tidak semua madu yang dijual di apotik pasaran itu 100% murni madu. Beberapa pedagang madu yang nakal seringkali memalsukan madu untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Uang emang dapat, tapi apakah berkah?

Beberapa produsen madu menjual madu dalam kemasan botol secara massal. Mereka mengklaim bahwa madu yang dijualya 100% murni tanpa campuran. Kita perlu mengetahui ciri ciri madu asli tanpa campuran sehingga bisa menantukan apakah madu tj asli atau tidak. Jadi, jangan percaya bahasa iklan TV mentah-mentah.

madu asli murni

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri madu asli:

Densitas madu

Sifat fisik madu bervariasi, tergantung pada kadar air, jenis flora (bunga) sumber madu (pasturage), suhu, dan komposisi gula spesifik yang dikandungnya. Madu asli merupakan cairan super jenuh dan mengandung gula tinggi. Pada suhu 20 °C, densitas madu sekitar 1.38 hingga 1.45 kg/l.

Titik leleh madu

Titik leleh dari kristal madu berada pada rentang suhu 40 – 50 °C (104 – 122 °F). Variasi titik leleh tersebut bergantung pada komposisi bahan penyusun madu.

Terbentuknya kristal pada madu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun faktor utama penentu laju kristalisasi adalah rasio gula utama dalam madu, yakni fruktosa dan glukosa. Madu yang super jenuh dengan kandungan glukosa tinggi, seperti brassica honey, pengkristalan terjadi seketika setelah panen madu. Berbeeda dengan madu yang rendah kandungan glukosa, seperti chestnut atau tupelo honey, madu tersebut tidak mengkristal. Beberapa jenis madu membentuk kristal berukuran besar dalam jumlah sedikir, sedangkan madu lainnya menghasilkan banyak kristal dalam ukuran kecil.

Reologi madu

Viskositas atau kekentalan madu dipengaruhi oleh kadar air dan suhu. Semakin tinggi kadar air dalam madu, maka semakin mudah madu tersebut mengalir. Pada suhu 25 °C (77 °F), madu dengan kadar air 14% umumnya memiliki kekentalan sekitar  400 poise, sedangkan madu dengan kadar air 20% memiliki kekentalan sekitar 20 poise.

Peningkatan viskositas madu karena suhu terjadi sangat lambat pada aawalnya. Madu dengan kadar air  16%, pada suhu 70 °C (158 °F) memiliki kekentalan sekitar 2 poise, sedangkan pada suhu 30 °C (86 °F), kekentalannya adalah 70 poise. Semakin dingin suhu, madu menjadi semakin kental dan bisa mencapai 600 poise pada suhu 14 °C (57 °F). Oleh karena itu, ciri madu asli dalam kulkas adalah menjadi semakin kental.

Sifat optis madu

Perbedaan kadar air dalam madu mempengaruhi indeks refraktifnya (refractive index) . Kadar air dalam madu dapat diukur dengan mudah menggunakan refractometer. Umumnya, refractive index madu adalah 1.504 dengan kadar air 13% hingga 1.474 dengan kadar air 25%.

Higroskopi dan fermentasi madu

Madu asli murni memiliki kemampuan untuk menyerap uap air di udara. Fenomena seperti ini disebut dengan higroskopi.

Madu umumnya disimpan dalam wadah tertutup rapat. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya fermentasi gula oleh khamir (yeast). Proses fermentasi pada madu terjadi setelah kristalisasi. Tanpa adanya glukosa, madu yang berisi campuran dari fruktosa, asam, dan air, menjadi media pertumbuhan yang baik untuk khamir (yeast). Madu yang disimpan pada suhu ruang dalam jangka panjang sebaiknya di pasteurisasi untuk mematikan khamir. Cara pasteurisasi madu adalah dengan memanaskannya hingga suhu di atas 70 °C (158 °F).

Cara membedakan madu asli dan palsu

Video 1

Video di atas memperlihatkan tayangan cara uji madu asli murni dan madu palsu. Tayangan acara Trans TV tersebut dapat anda lihat di Youtube.

Dalam video tersebut dijelaskan cara membedakan madu asli dan palsu dengan cara:

  1. madu dicampurkan dengan air. Madu asli keruh, madu palsu jernih
  2. pembakaran madu. Madu asli akan berbuih dan meluber, madu palsu berbuih tapi tidak meluber
  3. pemanasan madu. Madu asli tidak terbentuk benang, madu palsu terbentuk benang kaku seperti gulali.
  4. uji madu dengan ikan mentah. Madu asli: ikan menciut tak berbau, sedangkan pada madu palsu, ikan tetap ukurannya tapi berbau busuk

Video 2

Video ke-2 ini merupakan hasil karya dari vlogger

Komentar dan Kesimpulan

Menurut Muhammad Hamzah, semut merupakan serangga yang suka madu. Hal ini dapat dimengerti karena semut adalah serangga yg dihindari oleh peternak madu. Jenis semut yang mngerubungi madu berbeda dengan semut yang mengerubungi gula.

Untuk pengetesan madu yang di campur air, banyak para pembuat madu abal-abal yang menambahkan pengental pada madu palsunya sehingga jika dicampur air akan sulit larut air.

Kesimpulan, pengujian jitu untuk mengetahui madu asli murni adalah dg dilihat dari kekeruhannya saat dilarutkan ke dalam air. Jika madu asli di campur air maka akan menjadi keruh karena pada madu masih ada zat nektar tanaman bunga yang ada pada sarangnya yang membuat warna menjadi keruh.

Tags: ciri madu asli, madu tj asli vs palsu, Perbedaan madu asli dan bukan secara fisik

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.